Resep Ayam Goreng Bandung

Resep Ayam Goreng Bandung – hallo pengunjung idresep.info semuanya, pada postingan ini saya akan hadirkan “Resep Ayam Goreng Bandung“. kami harap resep ini membawa manfaat untuk pembaca yang suka memasak. jangan lupa share Resep Ayam Goreng Bandung ini ke kawan anda ya.

Resep Ayam Goreng Bandung

Yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah salah satu resep masakan khas Indonesia. Namanya, ayam goreng bandung. Ada kata bandung pada judul resep masakan ini lantaran bumbu yang dipakai adalah bumbu khas daerah bandung.

Berikut ini adalah resep ayam goreng. Selain nasi goreng, ayam goreng adalah salah satu menu makanan sejuta umat. Sebab, menu ini dapat dengan mudah ditemukan di tempat makan yang menyediakan menu ayam goreng.
Jika Anda ingin membuat ayam goreng sendiri, berikut ini adalah resep ayam goreng bandung. Resep ini setara untuk 6 porsi.
Bahan utama:
1.   1 ekor ayam, potong menjadi 6 bagian.
2.   Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng. Usahakan menggunakan minyak dalam jumlah banyak agar ayam matang merata.

Bumbu pelengkap:
1.   2 batang serai, dimemarkan.
2.   2 buah jeruk nipis. Ini dipakai untuk melumuri daging ayam sebelum dimasak, agar tidak amis.
3.   250 ml air untuk merebus ayam bersama bumbu-bumbu, sebelum digoreng.

Bumbu yang harus dihaluskan:
1.   7 butir bawang merah.
2.   5 butir kemiri.
3.   2 siung bawang putih.
4.   2 sentimeter lengkuas.
5.   Garam dan gula secukupnya (ingat, ayam goreng bandung punya cita rasa asin dan gurih yang menonjol).
6.   2 ruas jari kunyit. Selain menambah cita rasa, kunyit juga difungsikan untuk memberikan efek warna kuning pada daging ayam. Sehingga, kita bisa mendapatkan tampilan warna ayam goreng yang cantik dan menggugah selera.

Tips:
1.   Setelah dicuci bersih, balur daging ayam dengan air jeruk nipis atau air lemon untuk menghilangkan bau amis.
2.    Jumlah kunyit yang dipakai boleh ditambah.

Cara memasak:

1.   Lumuri daging ayam dengan air jeruk nipis. Diamkan 10 menit.
2.   Masak daging ayam bersama bumbu yang dihaluskan, serai dan air. Masak hingga ayam empuk dan bumbunya meresap. Indikasinya, air menyusut hingga hampir 90 persen dari jumlah air yang dipakai.
3.   Setelah itu angkat daging ayam yang telah empuk tadi, tiriskan.
4.   Siapkan minyak goreng. Tuangkan ke dalam wajan penggorengan. Panaskan minyak goreng hingga benar-benar panas.
5.   Setelah itu goreng ayam hingga berwarna kuning kecokelatan.
6.   Setelah berwarna kuning kecokelatan, segera angkat dan tiriskan.
7.   Sajikan ke wadah saji bersama sambal sebagai pelengkapnya. Pertimbangkan juga untuk mencoba resep ayam goreng bawang bumbu original serta resep ayam kecap pedas mantap.
Adapun resep ayam goreng bandung ini cukup untuk 4 porsi atau lebih.

        var _gaq = _gaq || []; _gaq.push([‘_setAccount’, ‘UA-38431462-1’]); _gaq.push([‘_setDomainName’, ‘countyfood.blogspot.com’]); _gaq.push([‘_setAllowLinker’, true]); _gaq.push([‘_setCampNameKey’, ‘County Food’]); _gaq.push([‘_setCampContentKey’, ‘Food’]); _gaq.push([‘_trackPageview’]); (function() var ga = document.createElement(‘script’); ga.type = ‘text/javascript’; ga.async = true; ga.src = (‘https:’ == document.location.protocol ? ‘https://’ : ‘http://’) + ‘stats.g.doubleclick.net/dc.js’; var s = document.getElementsByTagName(‘script’)[0]; s.parentNode.insertBefore(ga, s); )();


        itulah tadi artikel tentang “Resep Ayam Goreng Bandung”. semoga saja resep ini berguna untuk anda semua. Jangan lupa klik tombol share ya biar makin banyak saudara yang tahu resep Resep Ayam Goreng Bandung ini.

        Sumber gambar & resep : countyfood.blogspot.com

        Resep Lainnya Yang Banyak Disuka