Resep Buntut Pedas Tumis Terasi

Resep Buntut Pedas Tumis Terasi – baiklah pecinta kuliner semua, dihari yang indah ini idresep.info akan akan bagikan “Resep Buntut Pedas Tumis Terasi“. harapan kami resep ini membawa manfaat untuk pembaca yang suka memasak. jangan lupa share Resep Buntut Pedas Tumis Terasi ini ke teman kamu ya.

Resep Buntut Pedas Tumis Terasi

Cita rasa sup buntut sapi selalu berhasil menggoda selera. Gurih serta tekstur daging pada bagian buntut sapi begitu lezat. Tak heran bila sajian kuliner tersebut begitu populer. Jangan berhenti pada sensasi sup buntut saja. Sajian menu kuliner lain yang memakai buntut sapi sebagai bahan utama, juga tak kalah menggiurkan. Salah satunya, buntut pedas tumis terasi (udang yang dihaluskan, kemudian dicetak dan dikeringkan).
Dibalut dengan rasa pedas, sensasi kelezatannya begitu menggoda selera. Sajian ini semakin menggoda dengan sensasi gurih serta sedap bau terasi setelah ditumis. Sepertinya, sayang bila harus menyisakan sedikit saja resep menu masakan khas Indonesia ini.
Tertarik mencicipi? Berikut ini adalah resep buntut pedas tumis terasi. Baca daftar resep dengan teliti, sebab ada beberapa bahan yang takaran serta jumlahnya dapat disesuaikan dengan selera Anda. Penting juga membaca tipsnya. Resep ini setara 4-6 porsi.
Bahan utama untuk membuat buntut pedas tumis terasi:

1. 500 gram buntut sapi. Rebus dengan air hingga empuk.
2. Air kaludu. Anda bisa memakai air rebusan buntut sapi, gunakan 200 mililiter saja. 

Bahan pelengkap untuk membuat buntut pedas tumis terasi:

1. 10 buah cabai merah/hijau besar, diiris tipis.
2. 10 buah cabai rawit merah.
3. Minyak goreng secukupnya untuk menumis. Jumlah cabai yang dipakai dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bahan yang dihaluskan untuk membuat buntut pedas tumis terasi:

1. 5 buah cabai merah besar, direbus terlebih dahulu.
2. 5 buah cabai rawit.
3. 3 siung bawang merah.
4. 2 siung bawang putih.
5. Merica secukupnya.
6. Garam dan gula pasir secukupnya.
7. 4 jumput terasi yang telah digoreng dengan minyak goreng kemudian dihancurkan.

Tips memasak buntut pedas tumis terasi:

1. Usahakan merebus buntut sapi hingga dagingnya menjadi benar-benar lunak. Hal ini juga penting untuk mendapatkan air kaldu buntut sapi dengan kualitas yang baik.
2. Anda bisa juga mengganti buntut sapi dengan daging khas dalam, iga sapi dan kambing atau daging ayam maupun daging bebek pada resep masakan ini.

Cara memasak buntut pedas tumis terasi:

1. Siapkan minyak goreng panas untuk menumis bahan yang telah dihalus. Tumis hingga tercium bau harum. Kemudian, masukkan cabai yang telah diiris-iris. Tumis hingga cabai menjadi layu.
2. Masukkan air kaldu. Biahkan hingga mendidih sambil terus diaduk perlahan.
3. Masukkan buntut sapi yang telah matang dan empuk tadi. Aduk sesekali. Biarkan hingga airnya menyusut sehingga semua bumbu meresap ke dalam buntut.
4. Setelah air kaldu mengering, segera matikan api kompornya. Pindah ke wadah saji, buntut pedas tumis terasi siap disajikan. Pertimbangkan juga untuk mencoba resep empal goreng enak sederhana serta resep hati sapi masak kecap sedap serta resep dendeng kering daging sapi.

Adapun resep buntut pedas tumis terasi ini setara buat 4 porsi atau lebih.

demikianlah tadi informasi tentang “Resep Buntut Pedas Tumis Terasi”. semoga resep ini memberi manfaat untuk anda semuanya. Jangan lupa untuk share ya biar makin banyak orang yang tahu akan resep Resep Buntut Pedas Tumis Terasi ini.

Sumber gambar & resep : countyfood.blogspot.com

Resep Lainnya Yang Banyak Disuka