Resep Lomie Udang

Resep Lomie Udang – hai pembaca semua, kali ini admin akan berbagi info tentang “Resep Lomie Udang“. semoga resep ini mempunyai manfaat untuk kamu yang senang memasak. jangan lupa share Resep Lomie Udang ini ke saudara anda ya.

Resep Lomie Udang

Lomie udang adalah salah satu resep masakan peranakan (perpaduan dua budaya masyarakat, dalam hal ini budaya masyarakat Indonesia dan Tionghoa). Bahan utama dari resep lomie udang adalah mi telur dan udang. Ini termasuk sajian kuliner kuah segar, meski memakai larutan maizena untuk mendapatkan efek kental. Yang jelas cita rasa kuahnya cenderung gurih. Gurih rasa lomie udang ini berasal dari kaldu udang (seafood).
Resep lomie udang sangat cocok dikombinasikan dengan sayuran, seperti sawi atau bayam. Disamping itu, masakan ini juga pas dimakan dengan tahu (tofu) goreng sebagai pelengkapnya. Agar lebih istimewa, balur tahu dengan adonan tepung sagu. Selain segar, Anda juga bisa merasakan sensasi renyah dalam menu masakan ini.
Cara membuatnya cukup mudah. Bahan yang dipakai juga mudah didapat. Berikut ini daftar resep lomie udang. Silakan baca daftar resep di bawah ini dengan teliti, sebab ada beberapa bahan yang jumlah dan takarannya dapat disesuaikan dengan selera. Penting juga membaca tips memasak lomie udang.
 
Bahan utama membuat lomie udang:
1. 500 gram mi telur rebus hingga matang matang.
2. 200 gram udang, bersihkan, buang kulitnya.

Bahan untuk membuat kuah lomie udang:

1. Setengah ikat sawi, bersihkan, potong dengan ukuran sesuai selera.
2. Minyak goreng secukupnya untuk menumis.
3. 2 buah kapulaga.
4. 2 sendok makan saus tiram.
5. 400 mililiter kaldu seafood. Bila kesulitan mendapatkannya, bisa diganting dengan kaldu daging sapi atau kaldu daging ayam.
6. 100 gram jamur, belah menjadi 2 bagian.
7. 4 buah tahu, potong dadu dengan ukuran sesuai selera, kemudian digoreng hingga permukaan tahu menjadi kering.
8. 1 sendok makan tepung maizena, dilarutkan dengan sedikit air. Ini untuk mengentalkan kauh lomie udang.
9. Taoge, jumlahnya sesuai selera.
10. Garam secukupnya.
11. Merica bubuk secukupnya.
12. Gula pasir secukupnya.

Bahan penguat rasa untuk membuat lomie udang:
1. 2 siung bawang putih, dimemarkan kemudian dicincang kasar.
2. 3 buah cabai merah, dipotong tipis. Jumlah cabai boleh ditambah atau dikurangi sesuai selera. Anda juga boleh memakai cabai rawit.
3. 2 sendok makan tauco (bahan penyedap rasa yang terbuat dari kedelai). Usahakan mendapatkan tauco dengan cita rasa yang manis.
Tips membuat lomie udang:
1. Jangan terlalu banyak menuangkan larutan maizena. Bila terlalu banyak, kuah lomie akan menjadi sangat kental dan akan menurunkan cita rasa lomie. Pada dasarnya tekstur kuah lomir adalah ncer meski telah diberi larutan maizena. Fungsi larutan maizena pada menu ini adalah untuk menyatukan cita rasa semua bahan yang digunakan.
2. Ketika merebus mi, usahakan untuk mendapatkan tekstur mi yang tidak terlalu lembek, tapi sudah matang.
Cara memasak lomie udang:
1. Tahap memasak kuah: panaskan minyak goreng untuk menumis semua bahan penguat rasa hingga harum. Selanjutnya, masukkan kapulaga dan udang. Tumis hingga udang berubah warna. Tahap selanjutnya adalah memasukkan saus tiram, garam, merica bubuk, gula pasir dan air kaldu seafood. Sambil diaduk sesekali, tunggu hingga mendidih. Setelah itu, masukkan jamur dan tahu goreng. Terakhir, tuangkan lauran maizena sedikit demi sedikit hingga mencapai titik kekentalan yang Anda inginkan.
2. Mengolah mi telur, tauge dan sawi. Mi: rebus mi telur dengan air mendidih hingga matang atau lunak. Usahakan jangan sampai terlalu lunak, sebab akan menurunkan kualitas cita rasa mi telur. Sawi dan Tauge: masukkan sawi dan tauge ke dalam air mendidih aduk-aduk sebentar setelah terlihat agak layu, tiriskan.
3. Penyajian: masukkan mi telur yang telah direbus tadi. Kemudian, taburkan sawi dan tauge di atas mi telur. Siram dengan kuah loemi. Terakhir taburkan bawang goreng.
4. Lomie siap disajikan untuk dinikmati bersama teman atau keluarga Anda di rumah. Pertimbangkan juga untuk mencoba resep mie pangsit kuah ala chinese food serta resep mie telur kuah kaldu pedas dan gurih.
Adapun resep lomie udang ini setara buat 4 porsi.

demikianlah tadi postingan tentang “Resep Lomie Udang”. harapan kami resep ini mempunyai manfaat untuk pembaca semuanya. Jangan lupa klik tombol share ya biar makin banyak orang yang tau resep Resep Lomie Udang ini.

Sumber gambar & resep : countyfood.blogspot.com

Resep Lainnya Yang Banyak Disuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *