Resep Opor Ayam Kampung Spesial

Resep Opor Ayam Kampung Spesial – hai pengunjung idresep.info semuanya, pada kesempatan ini idresep.info akan suguhkan “Resep Opor Ayam Kampung Spesial“. semoga saja resep ini berguna untuk kamu yang cinta memasak. jangan lupa bagikan Resep Opor Ayam Kampung Spesial ini ke saudara anda ya.

Resep Opor Ayam Kampung Spesial

Resep ini mudah dijumpai saat Hari Raya umat Islam. Ya, opor ayam adalah sebuah menu masakan yang terbuat dari daging ayam yang dicampur dengan bermacam bumbu dan santan. Saat hari raya, bagi mayoritas masyarakat Jawa, opor ayam adalah menu yang harus alias wajib ada.

Resep opor ayam kampung ini cukup spesial. Sebab, ada tambahan udang kecil (ebi) di dalam daftar resep. Dapat dipastikan cita rasa gurih dan pesona seafood bakal terasa kuat di menu opor ayam kampung spesial ini.

Bila berniat mencoba, berikut ini adalah resep opor ayam kampung spesial. Silakan simak daftar bahan-bahan untuk membuat opor ayam kampung spesial di bawah ini dengan teliti. Sebab, ada beberapa bahan yang takaran atau jumlah dapat disesuaikan dengan selera Anda. Simak juga tipsnya. Resep ini setara untuk 8 porsi.


Bahan utama untuk membuat opor ayam kampung spesial:
1.   1 ekor ayam, dipotong menjadi 6 sampai 8 bagian. Bahan ini juga dapat diganti dengan jenis daging unggas lain seperti bebek, entok atau daging burung puyuh.
2.   150 gram udang kecil (ebi).

Bahan penguat rasa untuk membuat opor ayam kampung spesial:
1.   2 batang serai, dimemarkan.
2.   3 sentimeter lengkuas, dimemarkan.
3.   2 sentimeter jahe, dimemarkan.
4.   1 liter santan dari satu butir kelapa.
5.   Garam secukupnya.
6.   Gula pasir secukupnya.
7.   Minyak goreng secukupnya untuk menumis.

Bumbu yang dihaluskan untuk membuat opor ayam kampung spesial:
1.   7 siung bawang merah.
2.   6 siung bawang putih.
3.   1 sendok teh ketumbar.
4.   0,25 sendok teh jintan.
5.   0,25 biji pala.
6.   1 sendok teh merica.
7.   5 butir kemiri.
8.   3 sentimeter kunyit, dibakar.

Tips memasak opor ayam kampung spesial:
1.   Saat menumis bahan yang telah dihaluskan, usahakan sampai matang. Jika tidak ditumis sampai matang terlebih dahulu, hasil akhir kurang sempurna. Bahan yang tidak matang itu akan terasa saat memakan opor ayam kampung spesial. Bahan yang dihaluskan saat ditumis mencapai titik kematangan jika telah berubah warna agak kecokelatan, selain tercium bau harum.
2.   Sebelum memasukkan daging ayam, pastikan tekstur daging ayam kampung sudah empuk. Caranya, sebelum dimasak, daging ayam kampung yang telah dipotong-potong direbus terlebih dahulu sampai pada tingkat keempukan yang Anda inginkan.

Cara memasak opor ayam kampung spesial:
1.   Panaskan minyak goreng untuk menumis bahan yang telah dihaluskan.

2.   Setelah minyak goreng panas, tumis bahan yang telah dihaluskan hingga tercium bau harum.
3.   Setelah tercium bau harum, masukkan segera udang kecil (ebi). Tumis sebentar baru kemudian masukkan daun salam, serai, lengkuas, dan jahe. Tumis kembali hingga bahan yang telah dihaluskan tadi matang.
4.   Masukkan ayam yang telah dipotong-potong. Aduk hingga semua bahan yang ditumis tercampur dengan daging ayam kampung.
5.   Tuang santan, tambahkan garam dan gula pasir, masak hingga matang.
6.   Setelah matang dan dagingnya empuk, angkat dan sajikan. Pertimbangkan juga untuk mencoba resep opor daging sapi pedas gurih serta cara membuat nasi ayam semarang ini rahasianya.

Adapun resep opor ayam kampung spesial ini setara buat 8 porsi.

    var _gaq = _gaq || []; _gaq.push([‘_setAccount’, ‘UA-38431462-1’]); _gaq.push([‘_setDomainName’, ‘countyfood.blogspot.com’]); _gaq.push([‘_setAllowLinker’, true]); _gaq.push([‘_setCampNameKey’, ‘County Food’]); _gaq.push([‘_setCampContentKey’, ‘Food’]); _gaq.push([‘_trackPageview’]); (function() var ga = document.createElement(‘script’); ga.type = ‘text/javascript’; ga.async = true; ga.src = (‘https:’ == document.location.protocol ? ‘https://’ : ‘http://’) + ‘stats.g.doubleclick.net/dc.js’; var s = document.getElementsByTagName(‘script’)[0]; s.parentNode.insertBefore(ga, s); )();


    demikianlah tadi artikel tentang “Resep Opor Ayam Kampung Spesial”. semoga saja resep ini memberi manfaat untuk pembaca dirumah. Jangan lupa klik tombol share ya biar semakin banyak kawan yang mengetahui resep Resep Opor Ayam Kampung Spesial ini.

    Sumber gambar & resep : countyfood.blogspot.com

    Resep Lainnya Yang Banyak Disuka