Resep Sambal Goreng Tempe Udang

Resep Sambal Goreng Tempe Udang – baiklah pecinta kuliner semuanya, kali ini admin akan berbagi informasi tentang “Resep Sambal Goreng Tempe Udang“. semoga resep ini berguna untuk kamu yang hobi memasak. jangan lupa share Resep Sambal Goreng Tempe Udang ini ke kawan kamu ya.

Resep Sambal Goreng Tempe Udang

Meski namanya sambal (saus) goreng, namun tekstur serta rasanya tak sama seperti sajian kuliner sambal goreng yang umumnya kita kenal. Sambal goreng semakin nikmat disantap dengan dicampur opor (menu masakan yang terbuat dari daging ayam yang dicampur dengan bumbu dan santan) ayam ditambah lontong atau nasi putih. Sambal goreng merupakan salah satu resep masakan khas Indonesia yang berkuah gurih.

Sama halnya dengan sambal goreng tempe (kedelai yang diberi ragi) udang. Yang membedakan hanya campurannya. Sebenarnya kita bisa dengan bebas mengkombinasikan bahan bakunya sesuai selera.
Tapi, hal yang perlu diketahui: tidak semua bahan berupa daging atau ikan akan terasa enak bila dicampur dalam satu masakan.
Namun, kombinasi rasa antara tempe dan udang punya sensasi tersendiri. Kaldu udang yang meresap dalam kuah santan sambal goreng meresap ke dalam tempe yang dipotong memanjang.

Bahan:

1. 300 gr tempe, potong menurut selera.
2. 9 ekor udang sedang, hilangkan kulitnya, belah punggungnya.
3. 500 mililiter santan dari 1 butir kelapa.
4. 3 lembar daun jeruk.
5. 2 lembar daun salam.
6. 2 batang serai, dimemarkan.
7. 1 sendok makan air asam jawa.
8. 5 sendok makan kecap manis.
9. Garam dan merica secukupnya.
10. 1 buah cabai merah, iris serong tipis, goreng. Bahan ini untuk mempercantik tampilan (Jumlah cabai dapat dikurangi atau ditambah sesuai selera).
11. Minyak goreng untuk menumis.

Bumbu yang dihaluskan:

1. 5 buah cabai merah besar (jumlah cabai dapat ditambah atau dikurangi sesuai selera).
2. 8 bawang merah.
3. 5 bawang putih.
4. Semua bumbu dihaluskan memakai ulekan atau blender.

Tips:

1. Setelah memasukkan santan, aduk terus menerus secara perlahan hingga semua bahan yang dimasukkan ke dalam masakan matang. Itu dimaksudkan agar santan tidak pecah. Jika santannya pecah, tampilan akhir jadi kurang sempurna, dan masakan lebih cepat basi.

    Cara Membuat:

    1. Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum.
    2. Masukkan daun jeruk dan daun salam.
    3. Masukkan tempe dan udang.
    4. Masak hingga udang berubah warna.
    5. Masukkan air asam jawa, kecap manis, garam, merica dan santan. Tunggu sampai mendidihkan sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah.
    6. Setelah matang benar (mendidik) angkat, kemudian taburi irisan cabai goreng dan hidangkan. Simak juga resep tumis tempe soun pedas manis serta resep sambal tumpang ayam goreng kampung.

    Adapun resep sambal goreng tempe udang ini setara buat 4 porsi.

    itulah tadi informasi tentang “Resep Sambal Goreng Tempe Udang”. semoga resep ini berguna untuk kamu semua. Jangan lupa untuk share ya supaya semakin banyak saudara yang tahu resep Resep Sambal Goreng Tempe Udang ini.

    Sumber gambar & resep : countyfood.blogspot.com

    Resep Lainnya Yang Banyak Disuka