Resep Semur Jengkol Cita Rasa Khas

Resep Semur Jengkol Cita Rasa Khas – baiklah pecinta kuliner semuanya, pada postingan ini admin akan akan bagikan “Resep Semur Jengkol Cita Rasa Khas“. semoga resep ini berguna untuk kamu yang hobi memasak. jangan lupa teruskan Resep Semur Jengkol Cita Rasa Khas ini ke rekan qmu ya.

Resep Semur Jengkol Cita Rasa Khas

Menu kuliner semur jengkol ini adalah makanan khas masyarakat Betawi. Jika singgah di Tangerang, Jakarta atau Bekasi, niscaya Anda akan dapat dengan mudah menemukan warung-warung yang menjajakan menu semur jekol. Tapi, jika Anda ingin membuat sendiri, berikut ini adalah resep semur jengkol. Cita rasa resep masakan khas Jakarta ini memang sungguh spesial karena memiliki cita rasa khas. Khususnya, buat Anda yang doyan makan jengkol. Adapun yang dimaksud jengkol adalah bahan makanan yang tergolong dalam klasifikasi biji-bijian, seperti kacang.
Bahan baku yang ada pada daftar resep masakan khas Indonesia yang satu ini setara untuk 8-10 porsi. Silakan baca resep dengan teliti. Sebab, beberap bahan yang ada pada daftar resep, jumlah atau takarannya bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Bahan utama untuk membuat semur jengkol:
1.   2 kilogram jengkol (pilih yang sudah tua).
2.  1 liter air atau air kaldu (cara membuat air kaldu ada pada trik membuat masakan tetap sedap & lezat tanpa MSG part 2).

Bahan pelengkap untuk membuat semur jengkol:
1.   4 sendok makan minyak goreng untuk menumis bumbu.
2.   4 lembar daun salam.
3.   2 batang serai, dimemarkan.
4.   10 sendok makan kecap. (takaran kecap dapat disesuaikan dengan selera Anda).

Bahan yang dihaluskan untuk membuat semur jengkol:
1.   8 siung bawang putih.
2.   16 siung bawang merah.
3.   10 buah cabai merah (Anda boleh menambah atau mengurangi jumlah cabai, bergantung selera).
4.   10 butir kemiri.
5.   2 sendok makan ketumbar
6.   Garam secukupnya.


Tips untuk membuat semur jengkol:
1.   Sebelum dimasak, jengkol seharusnya direbus terlebih dahulu agar teksturnya lebih empuk.

2.   Anda boleh menambahkan beberapa potong buah tomat bila perlu untuk menambah rasa segar.

3.   Semua bumbu dihaluskan memakai ulekan. Jika tidak punya ulekan atau ingin lebih praktis, Anda boleh memakai blender untuk menghaluskan bumbu.

Cara membuat semur jengkol:
1.   Sebelum mengolah jenkol. Anda harus merendamnya selama seharian. Setelah itu tiriskan. Cuci dengan air bersih, lalu tiriskan kembali.

2.   Rebus jengkol hingga matang, angkat dan tiriskan. Tunggu hingga suhunya normal, lalu kupas kulitnya.
3.   Belah jengkol menjadi dua bagian, lalu pipihkan. Saran, pakai ulekan, pemukul daging, atau benda keras lainnya.
4.   Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai terciup bau harum bumbu-bumbu yang telah dihaluskan.
5.   Masukkan daun salam dan serai. Terus ditumis hingga hingga bumbu benar-benar matang.
6.   Masukkan jengkol yang telah dipipihkan tadi bersama air dan kecap.
7.   Masak hingga kuah sedikit menyusut.
8.   Angkat dan semur jengkol siap dituang ke wadah saji dan siap disantap bersama keluarga. Pertimbangkan juga untuk mencoba resep semur daging sapi bumbu kecap sederhana serta resep semur tahu sederhana enak.
Resep semur jengkol ini setara buat 4 porsi atau lebih.

      var _gaq = _gaq || []; _gaq.push([‘_setAccount’, ‘UA-38431462-1’]); _gaq.push([‘_setDomainName’, ‘countyfood.blogspot.com’]); _gaq.push([‘_setAllowLinker’, true]); _gaq.push([‘_setCampNameKey’, ‘County Food’]); _gaq.push([‘_setCampContentKey’, ‘Food’]); _gaq.push([‘_trackPageview’]); (function() var ga = document.createElement(‘script’); ga.type = ‘text/javascript’; ga.async = true; ga.src = (‘https:’ == document.location.protocol ? ‘https://’ : ‘http://’) + ‘stats.g.doubleclick.net/dc.js’; var s = document.getElementsByTagName(‘script’)[0]; s.parentNode.insertBefore(ga, s); )();


      itulah tadi informasi tentang “Resep Semur Jengkol Cita Rasa Khas”. harapan kami resep ini bermanfaat untuk pengunjung semua. Jangan lupa klik tombol share ya supaya semakin banyak saudara yang tau resep Resep Semur Jengkol Cita Rasa Khas ini.

      Sumber gambar & resep : countyfood.blogspot.com

      Resep Lainnya Yang Banyak Disuka