Sajian Rumahan, Cita Rasa Resetoran

Sajian Rumahan, Cita Rasa Resetoran – halo pecinta kuliner semua, sekarang saya akan akan bagikan “Sajian Rumahan, Cita Rasa Resetoran“. harapan kami resep ini cocok untuk pengunjung semua yang suka memasak. jangan lupa share Sajian Rumahan, Cita Rasa Resetoran ini ke saudara qmu ya.

Sajian Rumahan, Cita Rasa Resetoran

Ini adalah menu andalan ibu-ibu rumah tangga. Dengan resep ini, tak sedikit di antara mereka yang mendapat pujian dari suami dan anak-anak mereka. Menu itu adalah ayam goreng bumbu kemiri. Rasa khas kemiri yang menonjol pada resep masakan khas Indonesia ini berpadu selaras dengan cita rasa daging ayam yang khas pula. Sajian ini memang menu rumahan, tapi cita rasanya tak kalah dengan resep ayam di restoran.
Digoreng memakai minyak yang benar-benar panas, membuat ayam goreng bumbu kemiri terasa begitu menggoda. Daging pada bagian luar terasa renyah. Sementara tekstur daging pada bagian dalam terasa empuk. Tak butuh waktu lama untuk mengunyah, meski tekstur daging ayam masih terasa kuat. Itu karena sebelum digoreng, ayam direbus bersama bahan-bahan lain hingga meresap sempurna ke dalam daging ayam. Tak heran pula bila rasa bumbu pada menu ayam goreng bumbu kemiri ini juga terasa begitu kuat.
Berminat mencicipi? Berikut ini adalah resep ayam goreng bumbu kemiri. Resep ini setara 6 porsi. Silakan baca daftar resep dengan teliti. Sebab, ada beberapa bahan yang takaran serta jumlahnya dapat disesuaikan dengan selera Anda. Penting juga membaca tips memasak ayam goreng bumbu kemiri.
Bahan utama untuk membuat ayam goreng bumbu kemiri:

1. 1 ekor ayam kampung, cuci bersih, dipotong menjadi 6 bagian.
2. 10 butir kemiri, dipanggang. Bahan ini nanti dihaluskan bersama bahan lain yang juga dihaluskan.
3. Minyak goreng untuk menggoreng ayam.

Bahan penguat cita rasa ayam goreng bumbu kemiri:

1. 2 buah jeruk nipis.
2. 2 lembar daun salam.
3. 500 mililiter air.

Bahan yang dihaluskan untuk membuat ayam goreng bumbu kemiri:

1. 3 siung bawang putih.
2. 1 sentimeter kunyit. Selain untuk memperkaya cita rasa, bahan ini juga dipakai untuk memicu munculnya warna kuning yang cerah, sehingga penampilan ayam goreng bumbu kemiri terlihat semakin menggoda selera saat disajikan.
3. 3 sentimeter jahe.
4. 1 sendok teh ketumbar.
5. Garam secukupnya.
6. Gula pasir secukupnya.

Tips memasak ayam goreng bumbu kemiri:

1. Untuk menghilangkan bau amis, setelah dibersihkan, daging ayam yang telah dipotong balur dengan air jeruk nipis.
2. Minyak goreng yang dipakai buat menggoreng ayam harus benar-benar dalam kondisi panas. Jumlah minyak yang dipakai juga harus bisa merendam daging ayam saat digoreng. Ini untuk mendapatkan efek renyah di bagian luar ayam goreng. Segera angkat ayam goreng setelah bagian luarnya merata berwarna kuning kecokelatan.



Cara memasak ayam goreng bumbu kemiri:

1. Ambil wajan ukuran besar (cukup untuk menampung satu ekor ayam). Masukkan ayam yang telah dipotong-potong, bahan-bahan yang telah dihaluskan, dan daun salam. Masak hingga air mengering. Setelah itu, matikan apinya.
2. Panaskan minyak di dalam wajan agak besar. Minyak goreng yang dipakai usahakan dalam jumlah banyak. Atau, cukup untuk merendam potongan-potongan ayam saat masuk dalam proses penggorengan. Setelah minyak benar-benar panas, masukkan ayam. Goreng hingga berubah warna menjadi kuning kecokelatan. Tiriskan minyak goreng yang masih tertisa pada ayam terlebih dahulu sebelum disajikan. Pertimbangkan juga untuk mencoba aneka resep masakan rumahan lain yang juga enak, seperti, resep sayur labu siam kuah santan serta resep ayam ingkung tradisional.

Adapun sajian rumahan, cita rasa restoran ini setara buat 4 porsi.

    itulah tadi info tentang “Sajian Rumahan, Cita Rasa Resetoran”. harapan kami resep ini berguna untuk pengunjung dirumah. Jangan lupa klik tombol share ya supaya semakin banyak saudara yang mengetahui resep Sajian Rumahan, Cita Rasa Resetoran ini.

    Sumber gambar & resep : countyfood.blogspot.com

    Resep Lainnya Yang Banyak Disuka