Satu Lagi, Menu Keliner Pinggiran yang Ampuh Menggoda Selera

Satu Lagi, Menu Keliner Pinggiran yang Ampuh Menggoda Selera – hallo pembaca semuanya, pada kesempatan ini admin akan akan informasikan mengenai “Satu Lagi, Menu Keliner Pinggiran yang Ampuh Menggoda Selera“. kami harap resep ini membawa manfaat untuk pembaca yang suka memasak. jangan lupa bagikan Satu Lagi, Menu Keliner Pinggiran yang Ampuh Menggoda Selera ini ke rekan anda ya.

Satu Lagi, Menu Keliner Pinggiran yang Ampuh Menggoda Selera

Sama dengan pepes (Ikan yang diberi bumbu kemudian dibungkus daun pisang, lalu dikukus dan dibakar) atau resep masakan khas Indonesia lainnya, sayur lodeh sepertinya harus rela masuk dalam kategori menu kuliner pinggiran. Sebab, menu ini tak banyak diberi kesempatan tercatum dalam daftar menu di restoran top di Indonesia. Meski demikian, tapi cita rasa sayur khas nusantara ini tetap ampuh menggoda selera. Apalagi bila dikombinasikan dengan daging. Dijamin, cita rasa sayur lodeh daging akan jadi begitu spesial. Lodeh adalah sebuah menu masakan yang terbuat dari santan dan berbagai macam sayuran.
Umumnya, menu lodeh daging diolah dengan kombinasi beragam sayuran. Di antaranya, kol, wortel, kacang panjang dan rebung. Dimakan dengan nasi, membuat menu kuliner yang memakai santan ini menjadi sebuah sajian yang komplit. Dalam satu menu, Anda bisa mendapatkan kandungan karbohidrat, serat, lemak dan protein.
Berikut ini adalah resep lodeh daging. Simak daftar resep di bawah ini dengan teliti. Sebab, ada beberapa bahan yang jumlah atau takarannya dapat disesuaikan dengan selera Anda. Baca juga tipsnya. Resep ini setara 6 porsi.


Bahan utama untuk membuat lodeh daging:

1. 500 gram daging, cuci bersih, dipotong dengan ukuran dan bentuk sesuai selera. Kemudian, rebus daging dengan air. Ini bertujuan untuk sedikit melunakkan tekstur daging.
2. 1 liter santan dari 1,5 butir kelapa.
3. 500 liter air.

Bahan sayur yang dipakai untuk membuat lodeh daging:

1. 5 lembar kol, cuci bersih, kemudian dipotong dengan ukuran sesuai selera.
2. 0,5 ikat kacang panjang, dipotong sepanjang lebih kurang 2 sentimeter.
3. 3 batang wortel, iris dengan ukuran sesuai selera.

Bahan penguat rasa untuk membuat lodeh daging:

1. 3 buah cabai merah besar dipotong serong dengan ketebalan sekitar 0,5 sentimeter.
2. 2 lembar daun salam.
3. 1 batang serai, dimemarkan.
4. 3 sentimeter lengkuas, dimemarkan.
5. Gula pasir dan garam secukupnya.

Bahan yang dihaluskan untuk membuat lodeh daging:

1. 6 siung bawang merah.
2. 3 siung bawang putih.
3. 3 butir kemiri, disangrai.
4. 1 buah cabai merah besar. Jumlah cabai boleh ditambah atau dikurangi sesuai selera Anda.
5. 2 buah cabai rawit. Jumlah cabai boleh ditambah atau dikurangi sesuai selera Anda.
6. 0,5 sendok teh ketumbar.
7. 1 sentimeter kunyit, dibakar.

Tips memasak lodeh daging:

1. Setelah memasukkan santan usahakan terus diaduk perlahan secara periodik hingga matang. Jangan lupa sedikit mengecilkan api. Ini sangat penting dilakukan untuk mencegah santan jadi pecah. Bila santan pecah, dampak negatifnya adalah memengaruhi kualitas cita rasa lodeh daging.



Cara memasak lodeh daging:

1. Rebus bumbu halus dengan air. Sekitar dua menit kemudian, masukkan daun salam, serai, dan lengkuas. Biarkan hingga keluar bau dari bahan-bahan yang telah direbus.
2. Masukkan daging. Masak sebentar hingga daging menjadi empuk.
3. Setelah dirasa empuk, segera masukkan kol, wortel dan atau kacang panjang.
4. Masukkan garam dan gula pasir secukupnya, dan aduk hingga tercampur sempurna.
5. Setelah itu baru tuang santan sambil diaduk perlahan. Simak juga resep jamur shitake panggang keju leleh serta resep mie ayam bakso asam pedas.

Adapun resep masakan lodeh daging ini setara buat 4 porsi atau lebih.

    itulah tadi informasi tentang “Satu Lagi, Menu Keliner Pinggiran yang Ampuh Menggoda Selera”. semoga resep ini mempunyai manfaat untuk pembaca dimanapun berada. Jangan lupa klik tombol share ya biar makin banyak kawan yang tahu akan resep Satu Lagi, Menu Keliner Pinggiran yang Ampuh Menggoda Selera ini.

    Sumber gambar & resep : countyfood.blogspot.com

    Resep Lainnya Yang Banyak Disuka

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *