TIPS AGAR KUE MANGKOK MEKAR SEMPURNA

TIPS AGAR KUE MANGKOK MEKAR SEMPURNA – halo penikmat kuliner semua, pada kesempatan kali ini idresep.info akan akan bagikan “TIPS AGAR KUE MANGKOK MEKAR SEMPURNA“. mudah-mudahan resep ini mempunyai manfaat untuk kamu yang senang memasak. jangan lupa share TIPS AGAR KUE MANGKOK MEKAR SEMPURNA ini ke rekan anda ya.

Tips dan Trik Membuat Kue Mangkok (Mangkuk) Agar Mengembang dan Mekar Sempurna :

Kue mangkok merupakan kue basah tradisional dengan khas mekarnya dan bertekstur lembut. Bagi penggemar penganan yang enak satu ini, berikut beberapa tips yang harus anda perhatikan agar kue mangkok yang dibuat menjadi mekar lebih sempurna :

  1. Penggunaan ragi instan atau tapai/ tape singkong atau bisa juga tapai nasi yang ada di dalam resep jangan ditiadakan, karena digunakan sebagai bahan untuk pengembang kue.
  2. Sebaiknya menggunakan cetakan yang berasal dari bahan keramik/ porselen karena akan lebih mudah menghantarkan panas yang merata. Ingat, cetakan kue mangkok tidak perlu dioles minyak, karena akan menghambat mekarnya kue.
  3. Panaskan cetakan dalam kukusan/ dandang dan pastikan sampai benar-benar panas saat adonan akan dimasukkan. Beri jarak yang cukup antar cetakan agar uap panas merata.
  4. Jangan membuka tutup kukusan ketika sedang mengukus, karena adanya udara yang masuk membuat panas menjadi tidak merata. Bukalah setelah kue merekah dan matang.
  5. Bungkus tutup kukusan dengan kain serbet yang bersih agar uap yang dihasilkan saat mengukus tidak menetes ke dalam adonan.
  6. Keluarkan kue dari cetakan setelah dingin, simpan dalam wadah kedap udara dan tutup rapat agar tidak cepat kering.

Sumber gambar & resep: resepmasakankreatif.blogspot.com

Resep Lainnya Yang Banyak Disuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *